Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Kolesterol

Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Kolesterol

Kolesterol memang di produksi oleh organ tubuh, tetapi bisa juga di dapat dari makanan, sehingga membuatnya melampaui batas normal. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, maka penderita memiliki resiko terkena penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung.

Kolesterol sendiri ada dua, namun yang memengaruhi terjadinya ragam penyakit adalah kolesterol jahat atau LDL. LDL dikeluarkan dari hati dan dialirkan ke sel tubuh yang membutuhkan, tetapi bila lebih dari kebutuhan bisa mengendap di arteri, sehingga seseorang terkena penyakit jantung.

Tingginya LDL  dipengaruhi oleh banyak factor seperti mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi, kurang berolahraga, hidup tidak sehat, kurang istirahat, dan genetic (keturunan). Walaupun sebenarnya ini dibutuhkan tubuh untuk produksi vitamin D, regenerasi sel, dan asam empedu untuk mencerna makanan.

Dampak Tingginya Kolesterol dalam Tubuh 
Saat LDL berlebih dan menumpuk di arteri, maka aliran darah ke otak, jantung, dan bagian tubuh lainnya tidak lancar. Jika dibiarkan akan mengakibatkan arteri menyempit. Hal ini akan beresiko terkena gagal jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya. Oleh karena itu kita harus menanganinya segara ketika gejala-gejala berikut muncul:
1. Sakit dan nyeri dibagian dada sebelah kiri
2. Sakit pada lengan atau angina
3. Mudah merasa lelah saat melakukan aktivitas fisik
4. Semutan di telapak tangan dan kaki
5. Rasa pegal atau kaku pada tengkuk
6. Mengidap penyakit jantung koroner

Jika merasakan gejala di atas, maka harus mengatur pola makan, pola hidup sehat, dan berhenti merokok bagi perokok. Pasalnya kebiasaan buruk bisa membuat HDL bekerja kurang maksimal, sehingga timbul penyempitan di arteri, terlebih memiliki penyakit diabetes dan hipertensi.

Namun buat penderita kolesterol yang disebabkan oleh genetic atau biasa di sebut FH (familial hypercholesterolaemia). Kadar LDL darahnya akan tetap tinggi, meski sudah melakukan pola hidup sehat dan mengatur pola makan.

Bagi orang yang memiliki masalah berat badan (obesitas), darah tinggi (hipertensi), dan diabetes sebaiknya melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin. Pasalnya orang yang memiliki masalah tersbut memiliki resiko penyakit yang jauh lebih besar.

Cara Mencegah Kolesterol dan Menurunkannya
Langkah utama dalam mencegah dan menurunkan LDL adalah dengan mengatur pola makan dan waktu istirahat. Mengkonsumsi makanan yang memiliki serat lebih tinggi, olahraga secara rutin, mengurangi makanan berlemak,  dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi lainnya.

Makanan tersebut bisa diganti dengan makanan yang mengandung lemak jenuh seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian atau kacang-kacangan. Maka LDL akan tetap berada di bawah normal dan aman dari penyakit-penyakit mematikan lainnya.

Jika saran di atas masih belum bisa menghilangkan gejala yang ada, segera periksa kepada ahlinya, sehingga mendapat perawatan lebih intensif. Hal yang perlu di ingat, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Kata kunci : mengenal apa itu kolesterol, penyebab orang terkena kolesterol tinggi, gejala yang penderita kolesterol tinggi, serta cara mencegah dan menurunkan kolesterol



EmoticonEmoticon