Ciri-ciri Anda Terkena Kolesterol Tinggi yang Patut Diwaspadai

Ciri-ciri Anda Terkena Kolesterol Tinggi
Dalam keadaan normal, kadar kolesterol seseorang mencapai angka kurang dari 200 mg atau idealnya sekitar 160-200 mg. Sedangkan seseorang yang memiliki kadar kolesterol mencapai lebih dari 240 mg merupakan titik berbahaya yang rentan terkena berbagai macam penyakit termasuk stroke. Anda wajib memperhatikan ciri kolesterol tinggi agar bisa segera dilakukan upaya pencegahan.

Berikut ini, beberapa ciri kolesterol tinggi telah mengintai diri Anda.

1. Mengalami kesemutan
Ciri awal seseorang terkena kolesterol tinggi adalah sering mengalami kesemutan tanpa sebab tertentu. Kesemutan yang normal terjadi ketika seseorang terlalu lama duduk tanpa mengubah posisi.

2. Mual dan muntah
Bisa jadi mual dan muntah adalah tanda bahwa Anda mengalami masalah lambung atau saluran pencernaan terganggu akibat kolesterol yang tinggi.

3. Nyeri di leher dan punggung
Ciri kolesterol tinggi yang sering dialami banyak penderita adalah rasa nyeri yang kerap muncul di sekitar leher dan punggung. Hal ini disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang datang bersamaan dengan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca juga:  Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Kolesterol

4. Sering merasa lelah
Sebenarnya rasa lelah adalah reaksi tubuh yang wajar akibat banyaknya rutinitas atau kegiatan fisik yang harus dijalani. Namun, bagi penderita kolesterol tinggi, rasa lelah bisa jadi akibat aliran darah yang tak lancar serta oksigen yang minim dalam tubuh.

5. Emosi yang berlebihan
Pada penderita kolesterol tinggi yang diikuti dengan tekanan darah tinggi biasanya tidak mampu mengontrol emosi. Mereka biasanya cenderung mudah marah karena hal-hal yang sebenarnya sepele. Kalau Anda mungkin mudah marah akibat hal sederhana maka coba periksakan kadar kolesterol dalam tubuh yang mungkin saja mencapai ambang batas.

6. Sakit kepala
Ciri kolesterol tinggi adalah sakit kepala menyakitkan yang terjadi akibat hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi biasanya diimbangi dengan kadar kolesterol yang sama tingginya. Anda harus waspada terhadap gejala penyakit serius ini sebab akan menimbulkan dampak negatif yang lebih serius seperti terkena serangan stroke.

7. Nyeri di bagian dada
Jangan abaikan nyeri di bagian dada yang bisa menjadi salah satu tanda bahwa kadar kolesterol dalam tubuh telah mencapai batas tertentu. Segera cek kadar kolesterol Anda dengan mengetesnya ke dokter atau laboratorium. Semakin dini diketahui maka Anda bisa mencegah kadar tersebut naik.

Baca juga: 5 Tips Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Selain ciri kolesterol tinggi yang telah disebutkan di atas, ada beberapa ciri lain yang mungkin perlu Anda waspadai. Penderita kolesterol yang telah mencapai tahap bahaya biasanya kehilangan keseimbangan, sering mengalami sakit di bagian kaki dan tangan, kesulitan bernapas seperti gejala asma atau wajah yang tampak lebih merah.

Jika telah menemui tanda tersebut, Anda pun wajib segera menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Cintai tubuh Anda agar terhindar dari risiko yang paling membahayakan yaitu stroke.


EmoticonEmoticon